Wisata Masjid: Wisata Religi

Ketika musim liburan tiba kadang kita bingung untuk mengisi liburan baik untuk diri sendiri (bagi yang masih single) maupun untuk keluarga (bagi yang sudah berkeluarga). Banyak tempat wisata menawarkan berbagai macam hiburan dan permainan yang intinya adalah memberikan kesempatan kepada kita untuk merefresh tubuh dan pikiran agar kembali segar pada saat kita kembali melakukan aktivitas sehari-hari. Namun di antara sekian banyak tempat wisata jarang sekali yang memberikan refreshing kepada ruhani kita. Wisata yang senantiasa menyegarkan pikiran kita kadang hanya sebatas aktivitas fisik dan jarang meberikan wawasan keilmuan.

Masjid di Bandung
pinterest.com

Untuk itu patut dicoba melakukan wisata masjid sebagai salah satu alternatif refreshing yang tidak hanya meyegarkan pikiran tetapi juga menambah wawasan keilmuan sekaligus merefresh ruhani  kita. Wisata masjid merupakan alternatif hiburan yang sebenarnya bisa kita nikmati tidak saja bagi fisik dan pikiran namun dapat menambah wawasan ilmu keagamaan. Bagaimanakah atau dimanakah kita bisa mendapatkan wisata masjid tersebut.

Banyak masjid di Kota Bandung yang tidak hanya diperuntukkan untuk kegiatan-kegiatan ibadah saja namun memberikan alternatif hiburan yang menyenangkan. Beberapa masjid besar biasanya dilengkapi dengan taman yang bisa kita nikmati keindahan dan kenyamanannya. Jadi masjid tersebut selain tempat ibadah bisa juga menjadi tempat wisata yang murah dan meriah. Beberapa masjid besar yang bisa menjadi alternatif wisata religi di antaranya Masjid Raya Bandung, Masjid Al-Ukhuwah, Masjid Salman ITB, Masjid Pusdai, dan Masjid-Masjid besar lainnya. Di masjid-masjid yang disebutkan tadi biasanya juga mengadakan kajian-kajian rutin untuk menambah wawasan keilmuan agama kita. Karena itu ajaklah keluarga kita sekali-kali untuk berwisata sekaligus menambah wawasan keilmuan dan juga menambah pahala dengan mengunjungi masjid-masjid tersebut. Selamat Berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *