Sukses yang Bermanfaat

“Khoirunnasanfauhumlinnaas”

Artinya: “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya” (H. R. Ahmad).

Banyak orang yang menilai bahwa kesuksesan adalah ketika materiterpenuhi, kaya, cita-cita dan keinginannya tercapai, sehat jiwa dan raga, banyak teman dan saudara, populeratau dikenal banyak orang, dan lain sebagainya. Salahkah jika kesuksesan itu dilihat dari apa yang telah disebutkan tadi? Saya yakin sebagian besar orang akan sepakat itulah tanda orang sukses. Namun benarkah sukses itu demikian?

sukses bermanfaat
Sukses Bermanfaat

Apa kesuksesan itu sebenarnya? Menurut saya sukses tidak hanya keberhasilan bagi diri sendiri. Kesuksesan adalah ketika kita dapat mewujudkan pula keberhasilan orang lain. Maka jika kemudian banyak yang mendefinisikan kesuksesan adalah berhasil meraih apa yang dicita-citakan atau dinginkan oleh diri sendiri maka dapat kita tambahkan bahwa sukses adalah berhasil meraih cita-cita atau keinginan pribadi maupun cita-cita dan keinginan orang lain.

Untuk meraih kesuksesan pribadi tentu cukup mudah. Niat, usaha, kerja keras dan doa dapat menjadi bekal untuk meraih kesuksesan. Namun bagaimana jika kesuksesan itu tidak hanya untuk diri sendiri? Bagaimana pula kesuksesan diri sendiri dapat juga menjadi kesuksesan bagi orang lain? Di sini berarti kita tidak hanya berbicara tentang kiat sukses bagi diri sendiri tetapi juga kebermanfaatan kesuksesan kita bagi orang lain. Sebagaimana hadits di atas yang menyatakan bahwa “sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya”. Maka ketika kita berhasil meraih sebuah kesuksesan, kita juga harus mempertanyakan apakah kesuksesan itu bermanfaat pula bagi orang lain atau bahkan dapat membawa orang lain meraih kesuksesannya.

Karena itu, kiat sukses kita selain niat, usaha, kerja keras, dan doa, perlu juga ditambahkan dengan memberi motivasi, membantu, dan mendoakan kesuksesan orang lain. Dengan demikian, mudah-mudahan kita tidak hanya mendapatkan kesuksesan di dunia tetapi juga kesuksesan di akhirat karena itulah kesuksesan yang sebenarnya.

Oleh : Iskandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *