KIAT SUKSES MENGHADAPAI UJIAN TULIS

Pekan Ujian, itulah kata yang bisa menggambarkan suasana pada pekan ini. Anak-anak sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun sederajat sedang menghadapai Ujian Nasional (UN), Anak-anak SMP sedang menghadapi Ujian Sekolah (US), Sedangkan sebagian atau seluruh mahasiswa di beberapa Perguruan Tinggi sedang menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS). Ujian sendiri sebenarnya untuk mengevaluasi seberapa besar daya serap siswa terhadap materi ajar.
Pada artikel ini, saya ingin berbagi beberapa kiat menghadapi ujian tertulis, khususnya mahasiswa yang akan menghadapi UTS atapun UAS.

  1. Lengkapi bahan belajar

Sebelum memulai belajar untuk menghadapi ujian, lengkapilah bahan belajar terlebih dahulu. Misalnya, catatan mata kulaih yang belum lengkap, maka lengkapilah dengan meminjam catatan dari teman. Selain itu, bahan belajar tidak cukup dari catatan kuliah, kamu juga memerlukan buku rujakan sebagai bahan belajar. Tidak cukup buku referensi dan catatan kuliah, kamu juga perlu mempersiapkan soal-soal ujian tahun lalu sebagai bahan latihan. So, lengkapilah bahan belajarmu, agar belajar lebih nyaman.

  1. Menyicil materi Ujian

Ujian pasti telah ditentukan waktunya, minimal 1 minggu sebelum ujian doesn akan memberitahu waktu ujian. Untuk itu, kita memiliki waktu yang cukup untuk belajar. Cicilah materi belajar agar tidak menumpuk saat mendekati ujian. Misalkan, kita memimiliki 2 bab yang akan diujikan, maka kita dapat menycilnya bab demi bab, agar kita tidak terlalu keteteran saat menjelang hari ujian. Akan lebih baik lagi, jika kita menyicil materi belajar setiap pekan.

  1. Latihan Soal

Latihan soal adalah hal yang amat penting dalam menghadapi ujian. Latihan dapat dilkukan dengan mengerjakan kembali soal-soal yang telah dicontohkan, soal soal pada buku referensi, ataupun soal-soal tahun sebelumnya (soal-soal kaka tingkat). Dengan mengerjakan soal latihan, kita akan terbiasa dengan soal-soal ujian, sehingga ujianpun akan lebih mudah. Pribahasa mengatakan “Ala bisa karena bisa” , kita bisa ujian karena terbiasa dengan soal-sola mengerjakan ujian.

  1. Belajarlah pada waktu efektif

Belajarlah diwaktu efektif, carilah waktu dimana pada waktu itu kamu mendapat ketenangan saat belajar, bahan yang dipelajaripun akan mudah untuk dipahami. Dalam satu hari, ada wkatu pagi, siang, sore, dan tengah malam. Diantara waktu-waktu tersebut pasti ada waktu yang cocok dengan belajar kamu.

Untuk saya, biasanya waktu tengah malam adalah waktu yang sangat efektif untuk belajar. Selain otak telah diistirahtkan saat tidur, pikiranpun masih segar, dan suasanapun hening. Selain itu, sebelum belajar kita dapat mengambil air wudhu dan shalat malam.

  1. Belajar kelompok

Belajar kelompok diperlukan, agar terjadi pertukaran informasi, saling bertukar pikiran. Melalui belajar kelompok, hal yang awalnya sulit dikerjakan, menjadi akan lebih mudah karena akan muncul banyak ide dalam memecahkan persoalan.

  1. Berdoa

Tak cukup mengandalkan kemampuan pribadi, kita perlu juga memita pada Dzat yang maha luas pengetahuannya, Allah SWT. Untuk itu, selain belajar dan berlatih, maka berdoapun harus dilakukan.

 

Cukup itu saja yang yang bisa penulis bagi mengenai kiat-kiat menghadapi ujian. Silahkan mencoba, dan sukses dalam menghadapi ujian, semoga bermfaat. Terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *