4 Tips Penting Yang Perlu Kamu Ketahui Dalam Belajar Membuat Curriculum Vitae

Apakah kamu baru saja lulus dari sekolah ataupun kuliah? Kini saatnya kamu harus berburu pekerjaan yang nantinya akan membantumu dalam meniti karir yang kamu inginkan. Sayangnya, dalam mencari pekerjaan tidak semudah membalikkan telapak tangan dan perlu perhatian khusus dalam membuat surat lamaran pekerjaan ataupun curriculum vitae atau daftar riwayat hidup.

Untuk mendapatkan suatu pekerjaan yang diinginkan, maka kamu harus memahami bagaimana tips belajar membuat curriculum vitae yang baik dan unik.

Tips membuat CV
Tips belajar membuat CV

 

  1. Buatlah CV yang kreatif

Dalam tips belajar membuat curriculum vitae, maka kamu harus berusaha untuk membuat CV yang semenarik mungkin buka sebagus mungkin. CV yang sangat menarik akan membatu kamu untuk direkrut oleh pihak HRD sebuah perusahaan. Untuk itu, sebagai langkah awal kamu bisa menggunakan kertas HVS putih atau A4. Pastikan juga format penulisan CV kamu juga rapi.

  1. Buatlah CV yang informatif

Hal lain yang perlu anda pertimbangkan dalam tips belajar membuat curriculum vitae adalah dengan membuat sebuah CV yang informative. Untuk itu, kamu bisa membuat sebuah CV yang singkat dan jelas sehingga akan menarik pihak HRD. Selain itu, jangan lupa untuk mencantumkan pengalaman kerja yang sesuai dengan posisi yang anda lamar pada CV yang anda buat.

  1. Pastikan untuk mencantumkan keahlian yang unik

Cara lain supaya CV yang kamu buat akan menarik pihak HRD adalah dengan mencantumkan keahlian yang kamu miliki. Dengan menerapakan tips belajar membuat curriculum vitae semacam ini, maka kamu akan mendapatkan peluang yang besar untuk lolos dalam sesi berikutnya. Pastikan keahlian yang anda cantumkan sesuai dengan posisi yang anda lamar.

  1. Buatlah CV serelevan dan se-spesifik mungkin

Tips belajar membuat curriculum vitae yang selanjutnya adalah dengan mencoba untuk membuat CV secara spesifik dan relevan terhadap diri anda sendiri. Sangat dilarang bagi anda untuk meng-copy paste sebuah CV orang lain dan menggunakannya untuk melamar pekerjaan pada posisi yang anda inginkan. Dengan membuat CV yang baik, maka anda akan berkesempatan untuk direkrut oleh perusahaan tersebut.

Dalam mendapatkan sebuah posisi dalam sebuah perusahaan, maka anda harus mampu menarik HRD untuk meloloskan anda pada tahapan perekrutan selanjutnya. Oleh sebab itu, anda harus mampu membuat CV yang unik dengan menerapkan tips belajar membuat curriculum vitae di atas. Dengan cara ini, maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *