Begini Cara Menata Lemari Baju Agar Ringkas

 


Masih menjadi bagian mutlak dari rumah dijual di depok adalah keberadaan lemari baju. Baik rumah harga langit atau harga bumi, hampir semuanya dipastikan memiliki lemari baju sebagai tempat menata pakaian penghuni rumah. Lemari baju yang tertata akan memberi kemudahan pada pemiliknya dalam menentukan baju mana yang akan dipakai. Dengan itu, waktu yang biasanya habis untuk melihat-lihat koleksi baju dapat diubah ke aktivitas lainnya.

Anda sempat mengubah peran lemari ke kardus bekas atau tempat lain agar lebih mudah mengambil atau memilih baju. Sejatinya itu bukan langkah paling bijak. Ikutilah cara di bawah ini agar lemari baju anda lebih tertata rapi.

  1. Lakukan Penyortiran Baju

Baju yang anda miliki harus disortir berdasarkan jenis dan warna baju. Mula-mula ingat saja ada beberapa baju resmi dan baju-baju eksklusif yang memang harus digantung agar berumur panjang. Misalkan saja jas kerja dan kebaya. Selain itu, baju yang baru saja disetrika lebih baik dimasukkan ke gantungan pakaian. Simpan dengan cara digantung agar kusutnya tidak kembali lagi. Baju yang dilipat dalam kondisi panas bekas setrika sangat mungkin meninggalkan bekas setrikaan.

Jika memang lemari baju anda tidak menyediakan ruang gantungan, anda bisa membuat sendiri. Caranya sediakan dua papan dan sebuah tali atau kayu. Cukup itu saja anda sudah dapat menggantikan posisi lemari anda. Angin-anginkan baju agar tidak pengap dan mudah berbau karena terlalu lama terbungkus plastik bekas laundry. Penggunaan cara mandiri itu juga dapat membuat ruangan anda lebih lapang dalam waktu tertentu ketika anda tidak memiliki banyak pakaian yang harus digantung. Ruang untuk berkespresi dalam dunia dekorasi pun semakin terbuka lebar.

  1. Sediakan Ruang Sepatu

Tidak semua lemari baju memiliki ruang untuk sepatu. Namun anda tidak perlu kecewa karena masih harus meluangkan waktu demi mencari sepatu yang cocok. Pakai saja kotak sepatu terbuka atau boleh juga yang transparan tertutup agar sepatu anda tetap terlindung dari debu. Cara ini akan memperlihatkan sepatu tanpa halangan apapun. Letakkan di bagian bawah lemari baju atau boleh juga di sampingnya. Anda pun dapat mempersingkat waktu dandan dan ruangan untuk rak sepatu.

  1. Manfaatkan Pintu

Bukan sesuatu yang menjijikkan jika kita menyimpan ikat pinggang, baju yang baru dipakai atau dasi di belakang pintu masuk kamar. Dengan cara ini juga kita dapat menghemat ruang untuk membuat gantungan baju lagi. Sepanjang memperhatikan kebersihannya, anda sah-sah saja melakukan trik ini agar kamar tampak lebih ringkas.

Sementara untuk kaos kaki dan sejenisnya dapat anda selipkan di dasar lemari atau laci di bawahnya. Kalau sekiranya pakaian sudah tidak pernah dipaka, jangan ragu mengumpulkannya ke gudang atau tempat lain agar tidak menambah tumpukan di kamar. Anda dapat mendonasikan barang tidak terpakai itu ke orang yang membutuhkan. Rumah anda lebih lapang, amal anda pun bertambah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *